Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Pengertian dan 3 Jenis Mati Syahid Dalam Islam - Islamic Information

Pengertian dan 3 Jenis Mati Syahid Dalam Islam - Islamic Information

Assalamualaikum .. Selamat Pagi Sahabat Islamic Information Semua Senang Sekali rasanya selepas tadi kami selaku admin di islamic information telah berbagi informasi mengenai 3 Sebab Naiknya Derajat, Penebus Dosa Dan Penghancurkan Manusia di Dunia dan Akherat, nahh untuk kesempatan kedua di jumat pagi yang insya allah berkah ini saya akan sedikit mengupas mengenai 3 Macam Mati Syahid dalam ISLAM.

Pengertian dan 3 Jenis Mati Syahid Dalam Islam - Islamic Information

Baca Juga Informasi Islami Lainnya  :
Haruskah Tidur Dahulu Sebelum Shalat Tahajud ? dan inilah jawabannya
HUKUM Meninggalkan Sholat Jumat 3X Berturut Turut = Auto Murtad (Batal Islam nya) 
3 Sebab Naiknya Derajat, Penebus Dosa Dan Penghancurkan Manusia di Dunia dan Akherat - Islamic Information

Pengertian Mati Syahid dan Jenis-nya - 
Mati Syahid adalah kondisi dimana seorang umat muslim meninggal dalam keadaan membela agama allah baik itu meninggal ketika perang, membela kebenaran atau mempertahankan hak dengan penuh kesabaran dan ke ikhlasan untuk menegakan agama ALLAH.  Jika ada Orang yang meninggal karena mempertahankan agama Islam atau berjuang membela agama allah, maka orang tersebut tergolong dalam mati syahid. Sungguh orang yang mati syahid akan ditempatlan di Surga oleh Allah SWT kelak.

Adapun Jenis Jenis Mati Syahid Terbagi Menjadi Tiga Yaitu :
  1. Mati Syahid Di Dunia dan Akherat
  2. Mati Syahid Di Dunia namun tidak di akherat
  3. Mati Syahid Di Akherat namun bukan mati syahid di dunia


1. Syahid di dunia dan akhirat, Adalah Jenis Mati Syahid yang akan mendapatkan pahala syahadah (yang sempurna). Orang yang disebut sebagai meninggal syahid di dunia dan akhirat adalah orang yang meninggal dalam keadaan perang, dalam upaya membela dan menegakkan AGAMA ALLAH. 

2. Syahid di dunia Namun tidak diakherat maksudnya adalah manusia yang meninggal pada saat berperang, dalam keadaan maju bukan kabur, namun niatnya bukan dalam upaya membela agama ALLAH Namun karena hal lain. Maka di dunia ia dihukumi sebagai mati syahid secara zahirnya. Namun di akhirat kelak, di sisi Allah, ia tidak akan mendapatkan pahala syahid karena niat awalnya bukan untuk membela agama allah.

3. Adapun syahid di akhirat namun bukan syahid dunia, Maksudnya adalah dia yang mendapatkan perlakuan baik di akherat kelak sebagaimana orang orang yang mati dalam keadaan syahid dan mendapatkan pahala syahid. Adapun di dunia, jenazahnya tetap dimandikan, dikafankan, dishalati, dan jenazahnya diperlakukan sebagaimana jenazah kaum Muslimin pada umumnya Namun di akherat ia di istimewakan. Yang termasuk jenis ini di antaranya:


  1. Al Mabthun, orang yang meninggal karena penyakit di perutnya
  2. Al Ghariq (orang yang mati tenggelam)
  3. Al Hariq (orang yang mati terbakar)
  4. Orang yang sakit dzatul janbi (semacam penyakit paru-paru)
  5. Wanita yang meninggal ketika nifas
  6. Al Gharib, orang yang meninggal jauh di luar daerah tempatnya tinggal sehingga ia asing di sana


Dan diantara syahid yang paling utama adalah mati syahid dunia dan akhirat.
Begitu mulianya orang yang mati membela agama Allah SWT, hingga jasadnya mendapat derajat yang tinggi di sisi Allah SWT. Semoga kita Termasuk di dalam Meninggal Syahid Dunia dan Akherat Amin .. Wassalamualaikum Wr.Wb.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Pengertian dan 3 Jenis Mati Syahid Dalam Islam - Islamic Information di blog Islamic Information jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com