Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Manfaat Melaksanakan Sholat Witir, Hikmah, Fadilah dan Keutamaannya Bagi Umat Islam - Islamic Informations

Manfaat Melaksanakan Sholat Witir, Hikmah, Fadilah dan Keutamaannya Bagi Umat Islam - Islamic Informations

Pengertian Shalat Witir - Shalat witir Adalah salah satu amalan sholat sunnah muakad, yang artinya Adalah Sebuah Amalah Ibadah sholat sunnah yang sangat utama untuk dilaksanakan. Sebagai Informasi Tambahan Jika Sholat witir ini sendiri sangat umum disebut sebagai sholat penutup malam Mengapa Demikian ? Alasannya Adalah karena sholat Witir Hanya bisa dilaksanakan pada waktu malam setelah melakukan amalan-amalan sholat sunah lainnya Misalnya Shalat Taraweh Di Bulan Ramadhan.

Terkait dengan Sholat Sunnah Wittir ini Sendiri Nabi Muhammad SAW Sudah Memberikan Contoh dari pelaksanaan sholat sunah wittir ini semasa hidup beliau. Dan Bahkan Menurut beberapa riwayat yang memperkuat Sunnahnya Melaksanakan Sholat ini adalah, ternyata memiliki banyak keutamaan dan manfaat Bagi Setiap Muslim, terutama bagi orang yang rutin melaksanakannya. Nahh Kira kira Apa saja nih keutamaan dan manfaat dari Ibadah Sunnah sholat witir ? Penasaran ? Silakan simak pemaparan berikut!

Manfaat Melaksanakan Sholat Witir, Hikmah, Fadilah dan Keutamaannya Bagi Umat Islam - Islamic Informations

Baca Juga :
Sabar dalam Pandangan Agama Islam - Islamic Informations
Manfaat minum sambil duduk ala rasullulah - islamic information

Manfaat Melaksanakan Ibadah Sholat Sunnah Witir dan Keutamaannya - Islamic Information

Sholat Sunnah witir dilaksanakan pada rentang waktu antara sholat Isya Sampai sholat subuh. Dengan Kententuan jumlah rakaat ganjil, Untuk Melaksanakan Ibadah ini kita sangat dianjurkan untuk melaksanakannya setelah shalat Tahajud atau setelah sholat tarawih di bulan Ramadhan. Namun Sebagai informasi Tambahan Jika Sahabat melaksanakan Ibadah Sholat Sunnah Wittir ini secara rutin, Maka sudah Pasti sholat sunah ini akan memberikan banyak manfaat Bagi Kehidupan Kita.  Dan Berikut ini adalah keutamaan dan manfaat sholat witir tersebut.

1. Sholat Sunnah Wittir Merupakan sebuah Amalan Sunnah yang Sangat Disukai Allah
Keutamaan dan manfaat sholat witir yang pertama adalah sebagai salah satu amalan sunah yang sangat disukai oleh Allah. Bukti Dari Keutamaan ini Sendiri pastinya sudah sangat sesuai dengan petikan hadist yang diriwayatkan Abu Daud berikut ini

Dari Ali bin Abi Thalib RA., beliau mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:


إِنَّ اللهَ وِتْرٌ يُحِبُّ الْوِتْرَ، فَأَوْتِرُوْا يَاأَهْلَ الْقُرْآنِ
“Sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai orang-orang yang melakukan shalat Witir, maka shalat Witir-lah, wahai para ahli al-Qur-an.”

Hadist diatas merupakan hadist sahih yang menggambarkan betapa beruntungnya bagi orang orang yang senantiasa rajin melaksanakan sholat Sunnah witir sebagai sholat penutup malamnya. Dikarenakan Alloh Sangat menyukai orang-orang yang sering sholat witir tersebut. Oleh karenanya tentu tidak ada satu asalanpun bagi kita untuk tidak menunaikannya, terutama jika kita ingin mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya kelak di hari Pembalasan.

Baca Juga :
Keutamaan Shalat Tahajud Informasi Islami
Haruskah Tidur Dahulu Sebelum Shalat Tahajud ? dan inilah jawabannya - Islamic Information

2. Dengan Melaksanakan Sholat Sunnah Wittir dapat Menyempurnakan Sholat Malam
Keutamaan dan manfaat sholat witir lainnya adalah sebagai penutup, pelengkap, dan penyempurna amalan-amalan sholat malam (Tahajud). Bahkan Dalam beberapa riwayat disebutkan jika tidak pernah Rasulullah SAW walau dalam keadaan safar sengaja meninggalkan dua sholat sunnah, yaitu sholat fajar (sebelum subuh) dan sholat witir. Dari Riwayat tersebut dapat kita simpulkan jika  sholat witir ternyata sangat utama untuk ditunaikan, sampai sampai Rasulullohpun sampe sedemikian sigapnya menunaikan sholat pengakhir malam ini.

Namun Jika Anda merasa takut ketiduran sehingga tidak bisa bangun saat tengah malam, maka Anda dapat menunaikan sholat witir pada awal malam sesaat sebelum dia tidur atau setelah sholat tarawih jika pada masa Ramadhan. Namun bila Anda yakin bisa bangun saat tengah malam, tepatnya pada waktu sepertiga malam untuk melaksanakan tahajud, maka lebih baik Anda menunaikan sholat sunnah witir setelah sholat tahajud saja.

3. Waktu Diijabahnya Doa
Sholat malam seperti tahajud dan witir dilaksanakan pada waktu sepertiga malam terakhir atau pada waktu dimana doa menjadi sangat mustajab dan mudah dikabulkan Alloh. Oleh karena itu, jika Anda memiliki keinginan atau hajat tertentu lakukanlah rangkaian sholat malam, mulai dari sholat hajat, dilanjut dengan tahajud, dan diakhiri dengan sholat witir dan doanya. Dengan melaksanakan sunah tersebut dan memohon semuanya kepada Alloh dengan sepenuh hati pada waktu yang mustajab insya Alloh apa yang menjadi hajat dan cita-cita Anda dapat terlaksana.

Baca Juga :
3 Sebab Naiknya Derajat, Penebus Dosa Dan Penghancurkan Manusia di Dunia dan Akherat 
Fakta Dan Sejarah Islam : Masjid Amru Bin Ash (Masjid Tertua Di Afrika) - Islamic Information

Nah, demikianlah beberapa manfaat sholat witir dan keutamaannya. Semoga dengan apa yang ditulis di artikel sederhana ini kita semua dapat tergerak untuk gemar menunaikan sholat malam di sisa-sisa umur kita yang mungkin tak lama lagi. Semoga bermanfaat dan kita semua dapat menjadi muslim sejati dengan mengikuti sunnah-sunnah Rosululloh SAW. Amin.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Manfaat Melaksanakan Sholat Witir, Hikmah, Fadilah dan Keutamaannya Bagi Umat Islam - Islamic Informations di blog Islamic Information jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com