Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Doa Masuk Dan Keluar WC Islamic Information

Doa Masuk Dan Keluar Kamar Mandi Dalam ISLAM - Islamic Informations 
Assalamualaikum .. .. Selamat Siang sahabat Islamic Information semua selamat hari jumat ehehe semoga hari jumat ini kita senantiasa diberi kesehatan dan rezeki yang banyak oleh ALLAH SWT ehehee amin .. Okee langsung saja dehh ke topik pembahasan di hari ini hehe biar gak makin ngelantur kali ini saya akan membagikan informasi kepada sahabat Islamic information semua mengenai Adab Masuk dan Keluar Kamar Mandi atau WC.

Doa Masuk Dan Keluar Kamar Mandi Dalam ISLAM - Islamic Informations

Tahukan sahabat jika ternyata dalam islam masuk kamar mandi pun ada adab atau aturannya agar Aurat kita senantiasa terlindung dari penglihatan Jin atau setan karena WC atau Kamar Mandi tersebut merupakan tempat tinggalnya Setan.
Maka dari itu kita harus meminta pertolongan ALLAH agar kita senantiasa terlindungi dari hal hal yang tak di inginkan sesuai dengan hadist Rasul yang berbunyi :

Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam jika hendak masuk wc beliau senantiasa membaca [بِسْمِ اللهِ]
“Dengan nama Allah. Ya Allah” (HR.Ibn Abi Syaibah (29902) dari Anas bin Malik. shahih al-jami’ (4714) Dzikir ini berfungsi untuk menutup aurat manusia dari penglihatan jin.

Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam pernah bersabda:
“Penutup aurat anak Adam dari Pandangan jin ketika ia masuk wc adalah dengan mengucapkan bismillah.” (shahih al-jami’ halaman 675 hadist no:3610)
Masuk Dengan Mendahulukan Kaki Kiri mengapa harus kaki kiri ? karena wc merupakan tempat nya najis maka disunahkan untuk menggunakan kaki kiri ketika masuk ke jamban atau WC.

DOA MASUK Kamar Mandi / WC

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Allahumma inniy a'udzubika minal khubusi walkhobaais
,”se-sungguhnya aku berlindung kepadaMu dari godaan setan laki-laki dan perem-puan”.
(HR.Ahmad dari Anas bin Malik, dan di shahihkan oleh Al-Albani dalam shahih al-jami; (4712).

Ohh iyaa saran lainnya bersegeralah dari kamar mandi jangan terlalu berlama lama di kamar mandi karena kamar mandi merupakan tempatnya setan.

Ketika Keluar dari kamar mandi di anjurkan untuk menggunakan kaki kanan dan membaca :

Bacaan Doa Keluar Toilet, WC atau Kamar Mandi

غُفْرَانَكَ اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِي أَذْهَبَ عَنِي اْلأَذَي وَعَافَنِي
Ghufraanaka. Alhamdulillaahil ladzii adzhaba ‘annjil adzaa wa’aafaanii.

Artinya :
Ku memohon ampunan-Mu. Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakitku dan telah menyembuhkan/menyelamatkanku. (HR. Abu Daud)

Kenapa Di awal doa kita meminta ampun kepada ALLAH ?

ini penjelasannya :

Menurut ulama Syaikh Al-Mubarakfuri, ada dua alasan:

Pertama: Meminta Ampun kepada Allah, karena keadaan yang menuntut tidak boleh berdzikir (karena di WC tidak boleh berdzikir), karena (seharusnya) ia berdizkir kepada Allah di semua kondisi kecuali ketika ada hajat (yang menghalangi berdizkir)

Kedua: Kemampuan manusia terbatas untuk mensyukuri nikmat Allah berupa kemudahan makanan dan minuman serta tertib waktu makan yang sesuai dengan mashlahat badan.

Sedangkan menurut Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimanullah, ada satu alasan:

“Hikmah dari doa ini –wallahu a’lam- Allah telah memberikan kenikmatan berupa mudahnya bagi hamba makan dan minum. Kemudian Allah memberikan kenikmatan mudahnya kotoran keluar. Seorang hamba sering meremehkan bersyukur, maka disyariatkan baginya agar beristigfar meminta ampun ketika hilangnya kotoran setelah mendapat nikmat berupa makanan dan minuman. Allah Subhanu wa ta’ala mencintai hambanya yang mensyukuri nikmatnya.”

Masya ALLAH islam sungguh agama yang indah sampai sampai semua aktifitas yang dilakukan setiap hamba ALLAH ada panduan dan ada Aturannya.

Baca Juga Artikel Islami Pilihan Lainnya Sob :
Daftar Nama 25 Nabi dan Rasul ALLAH Dalam Islam
Daftar Nama 10 Malaikat ALLAH beserta Tugas Tugas nya

Mari kita tingkatkan amal dan perbuatan kita di hari jumat yang berkah ini dan mungkin informasi hari ini mengenai Pentingnya Membaca Doa Ketika Masuk dan Keluar Kamar Mandi yang saya informasikan ini bermanfaat wassalamualaikum Wr.Wb.


Terima kasih telah membaca artikel tentang Doa Masuk Dan Keluar WC Islamic Information di blog Islamic Information jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com